Internet Telkomsel Bantu Naikkan Laba Pengusaha 3 Kali Lipat

Bagikan

Telkomsel

Dalam memperingati 29 tahun perjalanannya, Telkomsel mengusung semangat untuk “Maju Serentak Berikan Dampak”. Selain memberikan pelayanan terbaik, melalui ragam inisiatif, inovasi, Telkomesel juga beraksi nyata dalam memperkuat inklusi digital nasional.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, mengatakan, “Memperingati usia yang ke 29 tahun, Telkomsel akan terus maju dan bertumbuh dengan memperkuat komitmennya yang sejalan dengan visi baru perusahaan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi untuk membuat hari ini menjadi lebih baik dan menciptakan masa depan yang gemilang.”

Untuk mencapai hal tersebut, Telkomsel menjalankan misi barunya dengan berupaya untuk dapat menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang setiap rumah dan kegiatan usaha untuk membuka semua peluang.

Selama 29 tahun, Telkomsel telah secara konsisten menyediakan dan meningkatkan konektivitas infrastruktur jaringan broadband terdepan yang merata dan setara, menghadirkan jaringan 5G pertama dan terluas di Indonesia yang mencakup lebih dari 53 kota/kabupaten.

Segmen Bisnis Digital telah menjadi penggerak utama transformasi Telkomsel. Pada kuartal satu tahun 2024, Telkomsel mencatat kinerja positif pada pertumbuhan data dan layanan digitalnya, yakni tumbuh sebesar 8,6% YoY. Pertumbuhan ini meningkatkan kontribusinya terhadap pendapatan perusahaan menjadi 89,9% dari 84,4% tahun lalu.

Menyadari dinamika industri telekomunikasi yang kian berkembang, Telkomsel terus beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapi berbagai tantangan dengan bertransformasi ke arah bisnis digital baik untuk segmen Business-to-Business (B2B) maupun Business-to-Consumer (B2C). Melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise bersama TelkomGroup, konsisten menjadi mitra utama dalam mendorong transformasi digital di segmen B2B, korporasi, dan industri.

Secara keseluruhan, ekosistem inovasi yang sudah dibentuk Telkomsel telah bergerak mengembangkan inovasi bersama para stakeholder untuk mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Harga Residensial Premium Indonesia Masih Terhitung Murah

Internet Telkomsel

Dampak nyata kontribusi Telkomsel diperkuat dengan hasil riset dan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LDUI), bertajuk “Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel terhadap Perekonomian Indonesia pada Era Ekonomi Digital”.

Hasil riset itu menyatakan bahwa Telkomsel tidak hanya menjadi pelopor dalam menyediakan layanan telekomunikasi, tetapi juga menjadi penggerak dalam memacu pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dibagi menjadi tiga temuan utama, yakni Internet Telkomsel Berkontribusi Terhadap Perekonomian Indonesia, Internet Telkomsel Membantu Digitalisasi Usaha, dan Internet Telkomsel Meningkatkan Omzet Usaha.

Temuan pertama menemukan bahwa, Telkomsel berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Setiap peningkatan payload Telkomsel sebesar 100 TB di sebuah kabupaten/kota berdampak pada peningkatan PDRB per kapita hingga Rp 1,7 miliar, sementara peningkatan jumlah pelanggan sebanyak 1.000 orang dapat meningkatkan PDRB per kapita hingga Rp8,6 miliar.

baca juga: Duo Award 2024, JMN Beri 79 Penghargaan, Salah Satunya Kepada Presiden RI

Selain itu, Telkomsel juga memberikan kontribusi sebesar 1,6% terhadap PDB nasional. Pada temuan kedua, menyatakan bahwa Telkomsel turut berperan dalam memfasilitasi digitalisasi usaha di Indonesia. Dengan dukungan internet Telkomsel, sebanyak 45,7% pelaku usaha telah terintegrasi dengan platform e-commerce dan social commerce. Integrasi tersebut secara signifikan berhasil meningkatkan keuntungan bersih mereka hingga tiga kali lipat dibandingkan pelaku usaha yang tidak terintegrasi pada platform digital.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga memungkinkan pelaku usaha untuk meningkatkan efisiensi komunikasi dengan pemasok dan pelanggan, sehingga memperluas jangkauan pasar dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Pada temuan ketiga, hasil riset menyatakan bahwa internet Telkomsel mendukung peningkatan omzet pelaku usaha. Dengan adanya koneksi internet yang cepat dan andal dari Telkomsel, pelaku usaha dapat mengalami peningkatan omzet hingga lebih dari 50% dan meningkatkan jangkauan penjualan usaha naik dua kali lipat setelah menggunakan Telkomsel (dari 20,6% menjadi 46,7 %).

Secara keseluruhan, hasil riset dari LDUI kembali menegaskan bahwa Telkomsel tidak hanya sekadar perusahaan telekomunikasi digital, tetapi juga mitra strategis dalam mewujudkan visi pemerintah untuk membangun ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan terus berinovasi dan berinvestasi dalam infrastruktur digital, Telkomsel menjadi salah satu pilar pendukung yang dapat memacu kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Artikel Terkait

Leave a Comment