Wonderful Indonesia Hadir di Pameran Pariwisata CAExpo-TE 2023, Tiongkok

Bagikan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf), melalui nation brandingWonderful Indonesia”, hadir di Pameran Pariwisata China-ASEAN Expo (CAExpo-TE) 2023. Sudah berlangsung pada 13-15 Oktober 2023 di Guilin Pusat Konferensi dan Pameran Internasional, Guilin, Guangxi, Tiongkok, pameran ini adalah sebagai upaya menggaet wisatawan mancanegara asal Tiongkok ke Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (17/10) menjelaskan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pameran menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan produk Indonesia di negara lain. Untuk itu dipilih tempat yang paling baik dan tempat yang paling strategis untuk promosi dengan melibatkan enam pelaku industri pariwisata, yaitu hotel, travel agent, dan tour operator, yang mewakili destinasi “Bali and Beyond”.

“Kami memprediksi kunjungan wisman dari Tiongkok baru akan pulih sepenuhnya di atas tahun 2025. Meski begitu, kami berencana untuk menggenjot jumlah kunjungan wisman Tiongkok kembali ke level seperti pada tahun 2019. Di antaranya, dengan berfokus pada wisatawan berkualitas dan berkelanjutan di pasar-pasar utama, seperti Shanghai, Beijing, dan Guangzhou,” ujar Sandiaga.

baca juga: Gaya Art Deco yang Tak Pernah Kuno

CAExpo-TE sendiri telah diselenggarakan selama delapan tahun berturut-turut, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Ajang itu berkomitmen untuk menjadi pameran profesional kerja sama pariwisata antara Tiongkok dan negara-negara ASEAN. Selain juga menjadi platform internasional untuk mewujudkan kerja sama pariwisata regional. Sebagai anggota ASEAN dan ketua ASEAN, tentunya Indonesia wajib ikut serta di dalamnya.

“Tujuan kami adalah memenuhi target agar setelah mengunjungi Bali, wisatawan Tiongkok akan menambah dan melanjutkan perjalanannya ke destinasi lain di Indonesia, sehingga mereka mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Hotel, agen perjalanan, dan operator tur kami siap dengan paket dan rencana perjalanan bagi wisatawan Tiongkok untuk menjelajahi destinasi super prioritas dan kawasan indah lainnya di Indonesia,” kata Sandiaga.

Jumlah Wisatawan Naik

Setelah tiga tahun vakum karena pandemi, wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia menunjukkan pemulihan yang kuat pada tahun ini. Wisatawan Tiongkok telah mendominasi jumlah kunjungan wisatawan terbanyak ke Indonesia mencapai 465.204 orang pada periode Januari hingga Agustus 2023. Jumlah itu melampaui target kunjungan wisatawan negara tersebut yang ditetapkan sebanyak 361.500 orang sampai tutup tahun ini.

Pada Agustus 2023, ada 85.198 wisman Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia, menjadikan Tiongkok sebagai penyumbang kunjungan wisman terbesar ke-4 ke Indonesia pada Agustus 2023, setelah Malaysia, Australia, dan Singapura.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menekankan pentingnya konektivitas langsung untuk mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia dan untuk menarik lebih banyak wisatawan Tiongkok ke Indonesia. Namun, kapasitas kursi penerbangan Tiongkok-Indonesia dan penerbangan langsung baru pulih 45 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Kemenparekraf mencatat total 429 rute penerbangan dari 12 kota di Tiongkok menuju Jakarta, Bali, dan Manado, yang dioperasikan oleh sembilan maskapai penerbangan asal Tiongkok ke Indonesia, sehingga total kapasitas kursi mencapai 90.873 kursi dalam setahun.

“Oleh karena itu, kami sangat mendorong maskapai mitra untuk membuka kembali rute dan memenuhi kapasitas penumpang, setidaknya hingga ke level sebelum pandemi. Semakin banyak penerbangan langsung akan semakin memudahkan kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia”, katanya.

baca juga: Yuk Berkantor di Gedung Tertinggi di Indonesia

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pariwisata Kawasan Asia Pasifik Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Sindhutrisno menambahkan, keikutsertaan Indonesia dalam CAExpo-TE juga diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan Tiongkok datang ke Indonesia untuk mencapai target 8,5 juta kunjungan wisman pada 2023.

Wisnu juga menjelaskan hal ini merupakan salah satu langkah nyata yang dilakukan Pemerintah, untuk menunjukkan komitmen dalam memfasilitasi pelaku usaha yang telah terkurasi dengan baik, untuk menjalin kemitraan bisnis dan melakukan negosiasi langsung dengan calon pembeli di Tiongkok.

Di paviliun Wonderful Indonesia di CAExpo-TE 2023, pengunjung berkesempatan mencicipi kerupuk udang Indonesia yang didukung penuh oleh Papatonk-United Harvest Indonesia, yang mendapatkan permintaan tinggi dan menjadi favorit di Tiongkok.  “Indonesia sangat bersemangat untuk berpartisipasi dalam CAExpo-TE 2023 dan menyambut semua dengan hangat di Paviliun Wonderful Indonesia,” kata Wisnu.

Artikel Terkait

Leave a Comment