Bintaro Design District Digelar Hingga 18 November 2023

Bagikan

Acara festival desain terkurasi Bintaro Design District kembali digelar, mulai dari tanggal 8 hingga 18 November 2023. Dan untuk kedua kalinya South78 menjadi venue dan highlight collateral event tersebut. Terinspirasi oleh kreativitas gaya hidup di masa kini, South78 hadir sebagai lifestyle creative-hub yang diharapkan dapat menjadi destinasi utama bagi berbagai komunitas kreatif untuk saling berbagi ide dan mengeksplorasi gagasan kerja sama yang solutif dan kolektif.

“South78 untuk kedua kalinya sebagai Collateral Event Bintaro Design District 2023, hadir dengan harapan dapat merangkul berbagai lapisan dari disiplin kreatif, seperti arsitektur, desain interior, graphic design, product design, musik, hingga ritel, untuk saling berbagi peran positif,” ucap William Simiadi, Direktur Utama South78.

South78 adalah gedung milik Vivere Group yang berlokasi di daerah Gading Serpong, Tangerang. Dirancang sebagai lifestyle creative hub, one stop curated shopping area and social space integrated in one building. Gedung ini merangkum antara lain home & living concept store dan concept stores dari jenama lokal, function rooms, ruang kantor dan hotel Vivere.

baca juga: Sudah Lebih dari 500 Proyek Investasi di Nusantara

Bintaro Design District (BDD) kali ini bertema Envisioning Nature, membayangkan alam di masa depan. Para kurator BDD 2023, yakni Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, dan Hermawan Tanzil, ingin mengajak para pekerja kreatif untuk terlibat memikirkan tentang alam dan hubungannya dengan desain, dan lebih besar lagi, dengan kehidupan kontemporer kita.

Melalui rangkaian beragam kegiatan pada BDD 2023 diharapkan dari kuratorial tahun ini untuk dapat mendengarkan dan menampilkan ragam gagasan yang dapat memperkaya persepsi bersama, mengenai bagaimana desain dapat menghargai alam untuk meningkatkan kualitas hidup kita bersama.

Sebagai Collateral Event BDD, South78 akan menampilkan enam karya seni instalasi yaitu, Membumi, Nature Tech Material, Project Rebirth, Live in Harmony with Nature, Life After Life, Great Architecture Fest 2023.

Dengan didukung lebih dari 20 kolaborator, baik dalam maupun luar negeri dan hampir 30 kegiatan dalam 10 hari festival, seperti seminar, workshop (lokakarya), kompetisi dan design talks (diskusi desain), featival ini mengajak publik untuk melakukan gerakan untuk menghargai alam, mengekspresikan diri melalui berbagai karya seperti pembuatan karya dengan barang bekas, membuat tempe tanpa plastik dan masih banyak lagi kegiatan menarik.

baca juga: 17 Karya Desain Terbaik Indonesia Hadir di Ajang Good Design Exhibition, Tokyo

Kegiatan ini menjadi harapan lahirnya ide dan gagasan kreatif baru dalam perkembangan industri desain dan kreatif di Indonesia. Bahu-membahu dalam mendukung industri ini agar terus maju.

“Bersama mengembangkan industri dan ekonomi kreatif, kami di South78 berharap dapat menjadi solusi dan inspirasi, terutama bagi komunitas yang mengapresiasi desain dan kreativitas, termasuk di area Tangerang, Tangerang Selatan dan sekitarnya, sebagai area residensial yang penguininya didominasi generasi muda,” tutup William.

Artikel Terkait

Leave a Comment