17 Karya Desain Terbaik Indonesia Hadir di Ajang Good Design Exhibition, Tokyo

Bagikan

Kementerian Perdagangan memfasilitasi 17 produk peraih Good Design Award, pada Good Design Indonesia (GDI) 2023, berpameran di Good Design Exhibition di Tokyo Midtown, Jepang. Pameran yang berlangsung pada 25–29 Oktober 2023 itu menampilkan lebih dari 1.500 karya pemenang Good Design Award (GDA) 2023, yang berasal dari Jepang dan mancanegara.

“Ketujuh belas produk GDI itu bersaing dengan 5.447 produk yang mendaftar dari Jepang dan negara lainnya. Keikutsertaan Indonesia pada ajang internasional ini merupakan upaya mempromosikan produk-produk potensial Indonesia, selain ajang pameran internasional rutin yang lebih bersifat business-to-business,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, seperti disampaikan pada pers rilis, (27/10).

baca juga: Astra Property Kembali Gelar Living First-CreArt 2023

Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Miftah Farid, menjelaskan, Good Design Award merupakan ajang strategis untuk mempromosikan inovasi desain produk dan jasa dari para peraih GDI ke pasar global. “Saya berharap capaian Indonesia pada Good Design Award dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk meningkatkan citra produk (branding) dan jejaring bisnis dengan pembeli potensial sehingga mampu meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia,” paparnya.

Selain partisipasi pada Good Design Exhibition, lanjut Miftah, sebanyak lima produk peraih penghargaan GDI 2023 juga ditampilkan di Paviliun ASEAN-Japan Centre, pada World Design Assembly (WDA). Ajang ini juga berlangsung di Tokyo Midtown, pada 27–29 Oktober 2023. Kelima produk tersebut yaitu Gui Origami Shoulder Bag, Wilwatikta Jamu Drip Bag, Marinang by Handep, Alini Twist lock Earrings & Pendants, serta Buku Kisah Kebaya.

baca juga: Pituku Group dan Gemilang Bangun 250 Tempat Penampungan Sampah Anorganik

WDA merupakan acara dua tahunan yang diselenggarakan World Design Organization untuk mempertemukan para desainer, inovator, dan pelaku industri kreatif dari seluruh dunia. Tahun ini, WDA ke-33 diselenggarakan di Tokyo, bertepatan dengan peringatan 50 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang.

Atase Perdagangan Tokyo, Merry Astrid Indriasari, mengajak para pelaku usaha dapat semakin kreatif dalam memanfaatkan peluang pasar ekspor. “Para pelaku usaha diharapkan dapat lebih kreatif dalam menangkap dan memanfaatkan peluang ekspor. Partisipasi pada Good Design Award merupakan kesempatan yang efektif menggali pengalaman dan pengetahuan mengenai karakteristik dan preferensi pasar di Jepang,” pungkas Merry.

 

 

 

Artikel Terkait

Leave a Comment