Beragam Produk AkzoNobel untuk Bumi yang Lebih Sehat dan Berkelanjutan

Bagikan

AkzoNobel menegaskan komitmennya dalam menyediakan solusi inovatif untuk bangunan yang lebih sehat dan berkelanjutan dengan memanfaatkan inovasi cat dan pelapis. Seperti dinyatakan oleh Oscar Wezenbeek, Managing Director, AkzoNobel Decorative Paints, South East and South Asia, “Sebagai penyedia solusi cat dan pelapis yang ramah lingkungan, kami memberikan kontribusi penting dalam transformasi lingkungan untuk mengurangi jejak karbon bangunan dan menjadikannya tempat yang lebih sehat untuk dihuni.” Demikian, disampaikannya pada International Green Building Conference 2023 di Singapura, Juni lalu.

AkzoNobel menggarisbawahi beragam inovasinya untuk mengembangkan cat yang lebih berkelanjutan, tahan lama dan lebih aman untuk kesehatan serta efisien untuk melindungi bangunan. Berbagai inovasi dilakukan, meliputi produk cat dan pelapis yang dapat membantu mengurangi penggunaan energi dan emisi karbon serta produk tahan lama untuk melindungi permukaan lebih lama, sehingga membantu pelanggan mengurangi biaya dan memperpanjang siklus perawatan. “Kami juga mengembangkan produk yang dapat meningkatkan kualitas hidup pelanggan kami dengan membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan,” kata Wezenbeek.

Yudhy Aryanto, Country Commercial Head, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), menambahkan, “Solusi berkelanjutan AkzoNobel berperan penting dalam membantu bangunan yang lebih sehat dan berkelanjutan untuk memenuhi kriteria utama, seperti mengurangi emisi karbon, melestarikan sumber daya alam dan meningkatkan kualitas hidup bagi orang-orang yang tinggal dan bekerja di dalamnya.”

Salah satu bentuk solusi inovatif yang disediakan PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) untuk pembangunan bangunan yang lebih sehat di Indonesia adalah dengan penyediaan Dulux Professional. Produk ini adalah solusi cat dan pelapis dengan teknologi yang dapat menghemat energi dan menghadirkan efisiensi penggunaan bahan baku untuk kebutuhan proyek-proyek residensial dan komersial. Beberapa contoh bangunan berkelanjutan yang sudah didukung oleh Dulux Professional di Indonesia, antara lain ICE BSD City Tangerang, Ciputra World Jakarta, dan Bandara Kulon Progo Yogyakarta.

Teknologi di industri cat sendiri terus berkembang, untuk menciptakan produk yang lebih efisien dan lebih ramah baik bagi lingkungan maupun manusia. Terkait dengan hal ini, AkzoNobel juga sudah “menerapkan” teknologi KeepCool pada rangkaian seri produk Dulux Weathershield-nya. Dengan teknologi ini, lapisan cat dapat membantu memantulkan panas yang berasal dari sinar matahari (sinar UV), sehingga mampu membantu menurunkan suhu dalam ruangan, hingga 5 derajat Celsius. Penurunan ini pada akhirnya mampu menghemat konsumsi energi dalam sebuah ruangan sebesar 10 – 15%.

Terobosan AkzoNobel lainnya yaitu Dulux Professional Weathershield Express. Yaitu cat berbahan dasar air yang diformulasikan secara khusus, dengan kombinasi cat dasar (sealer) dan cat lapisan akhir (topcoat) dalam satu produk. Sebagai bagian dari sistem pengecatan dua lapis, penggunaan cat ini memberikan efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan produk ini, produktivitas meningkat hingga 30%, yang didapat dari penghematan tenaga kerja dan material, karena proses pengecatan yang lebih singkat. Meski hanya dua lapis, tapi Dulux Professional Express diklaim punya kinerja dan daya tahan yang sama unggulnya dengan sistem pelapisan tiga lapis.

Untuk membantu pelanggannya mendapatkan bangunan yang lebih sehat, AkzoNobel juga sudah memiliki produk yang memiliki beberapa fitur, seperti mudah dibersihkan, anti bakteri, anti virus serta juga anti jamur dan anti lumut. Produk ini, selain cocok digunakan pada dinding interior atau eksterior bangunan rumah, juga bangunan fasilitas publik, seperti sekolah, dan rumah sakit, juga ruang komersial, misal rumah makan.

 

Artikel Terkait

Leave a Comment