4 Alasan Rumah di Amerika Serikat Tidak Berpagar

Bagikan

Pernahkah Anda ketika melihat film Hollywood berpikir bahwa rumah di sana tidak memiliki pagar? Tahukah Anda mengapa rumah di Amerika lebih banyak tidak berpagar, sangat berbeda dengan Indonesia.

Di Indonesia rumah mewah yang memiliki fasilitas lengkap dan besar cenderung memiliki pagar tinggi, kecuali untuk perumahan khusus yang memang memiliki aturan bahwa rumah tersebut tidak diperbolehkan memasang pagar, seperti perumahan yang dikembangkan dalam konsep cluster.

Rumah-rumah di Negeri Paman Sam biasanya dibiarkan terbuka, halaman rumah yang luas, ditanami rumput hijau serta pohon besar, memberikan kesan cantik dan membuat suasana lebih sejuk. Kalaupun tidak memiliki halaman, jarak bangunan ke tepi jalan cukup pendek, dan tentu tidak berpagar.

Mengutip dari detik.com terdapat beberapa alasan kenapa rumah di Amerika tidak memiliki pagar.

  1. Keamanan

Memasang pagar di depan rumah bagi banyak negara di Amerika Serikat merupakan hal yang ilegal dan dilarang. Karena menjadi penghalang bila ada mobil pemadam kebakaran yang masuk.

Banyak rumah di sana dibangun menggunakan bahan yang mudah terbakar, seperti berangka kayu dan dinding berupa papan plester. Dengan demikian, ketika ada kebakaran, rumah tersebut akan dengan mudah terbakar.  Karena semuanya bermaterial sama, walaupun ada jarak di antaranya, api tetap bisa dengan mudah menjalar ke rumah di sebelahnya.

Untuk melokalisir api, mobil pemadam kebakaran harus bisa menjangkau sumber api atau bangunan lebih dekat, dalam waktu cepat. Dengan tidak adanya pagar, akan sangat memudahkan mobil pemadam dan petugas untuk mendekat sumber api. Termasuk mobil petugas lain, seperti polisi dan ambulans.

 

 

  1. Kenyamanan

Ini menyangkut preferensi orang-orang di sana unuk memarkirkan kendaraannya di depan atau samping rumah. Setelah memarkir kendaraan, karena tak berpagar, dengan sangat mudah masuk ke dalam rumah.

  1. Pemeriksaan Utilitas

Seperti halnya di sini, di Amerika pun ada petugas layanan publik khusus yang memeriksa jaringan utilitas, seperti gas, listrik dan air, ke rumah-rumah. Karena tanpa pagar, memudahkan petugas layanan publik untuk memeriksa jaringan, tanpa dianggap masuk ke area privat, tanpa ijin.

  1. Estetika

Pagar di depan dinilai memberikan tampilan negatif bagi rumah. Kalaupun dibuat di sisi belakang atau samping, lebih ditujukan untuk menjaga keamanan anak-anak misalnya saat bermain, tanpa pengawasan intensif.

Artikel Terkait

Leave a Comment