Rekor Baru, Jumlah Penumpang Harian Whoosh Capai 22 Ribu

Bagikan

penumpang
(Hompipark)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), penyelenggara kereta cepat Whoosh, mencatatkan jumlah penumpang harian tertinggi sejak dioperasikan secara komersial. Yakni sebanyak 22.249 penumpang pada Kamis, 27 Juni 2024, dari jumlah tersebut sebanyak 11.482 penumpang berangkat dari Stasiun Halim, 8.123 penumpang dari Stasiun Padalarang, dan 2.644 penumpang dari Stasiun Tegalluar.

“KCIC berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menggunakan Whoosh. Sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023, Whoosh telah melayani sebanyak 3,5 juta penumpang. Angka ini menunjukan kepercayaan masyarakat yang baik menjadikan Whoosh sebagai moda pilihan. Hal tersebut akan terus kami jaga untuk meningkatkan pelayanan Whoosh, baik di stasiun dan perjalanan,” ujar General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa.

Eva mengatakan, saat ini rata-rata harian volume penumpang Whoosh mencapai 17 ribu per hari. Pada bulan Juni, rata-rata jumlah penumpang Whoosh per hari mencapai 17,2 ribu penumpang. Jumlah ini meningkat 3% jika dibandingkan bulan Mei, yang sebanyak 16,7 ribu, atau meningkat 26% jika dibandingkan bulan April sebanyak 13,6 ribu penumpang per hari.

Penumpang Masa Liburan

Kenaikan volume pada akhir pekan juga dipengaruhi dengan adanya momen libur sekolah yang saat ini sudah mulai berlangsung. Bahkan pada masa awal libur sekolah, Whoosh mengalami lonjakan penumpang. Pada periode 14 Juni sampai dengan 7 Juli 2024, jumlah tiket Whoosh yang telah terjual mencapai 350 ribu penumpang. Adapun jumlah penumpang yang telah diberangkatkan hingga 28 Juni mencapai 283 ribu penumpang, meningkat 20% jika dibandingkan di luar musim libur. Jumlah penumpang harian meningkat, menjadi 18 ribu penumpang per hari.

baca juga: Whoosh Makin jadi Pilihan Selama Libur Lebaran

“Perjalanan yang singkat, nyaman, serta memiliki ketepatan waktu yang tinggi menjadi nilai tambah kenapa masyarakat memilih Whoosh,” ujar Eva. Selain itu juga ada faktor-faktor penting yang mempengaruhi peningkatan jumlah penumpang Whoosh, seperti pembatalan dan ubah jadwal yang kini bisa dilakukan secara online, penerapan tarif dinamis, layanan pemesanan rombongan, serta diterbitkannya Frequent Whooser Card, dan Contact Center yang dapat diandalkan. Lalu, adanya kerjasama destinasi wisata dan adanya integrasi antarmoda, sehingga makin memudahkan penumpang.

Peningkatan penumpang itu, imbuh Eva, dipicu oleh penambahan jumlah perjalanan Whoosh per hari yang dilakukan secara bertahap. Yakni dari 14 perjalanan, 28 perjalanan, 36 perjalanan, 40 perjalanan, hingga 48 perjalanan per hari sejak Desember 2023.

penumpang
(Kabar BUMN)
Penumpang Anak-anak

Pada musim libur sekolah, penumpang anak-anak pun alami peningkatan. Mereka pun ingin merasakan moda transportasi modern ini untuk perjalanan berliburnya. Whoosh memberlakukan bebas pembelian tiket kepada penumpang yang berusia 0-3 tahun dan tidak mengambil tempat duduk sendiri. Tersedia pula toilet khusus yang memiliki fasilitas meja pengganti popok pada kereta nomor 4 di setiap rangkaian Whoosh.

KCIC juga menyediakan layanan khusus untuk anak-anak di bawah umur yang melakukan perjalanan dengan Whoosh tanpa pendamping. Orang tua cukup menghubungi petugas di stasiun keberangkatan, untuk mendapatkan layanan ini. Penumpang cilik tersebut akan didampingi oleh petugas khusus, sejak berada di ruang tunggu, menuju ke kereta, hingga diterima oleh penjemput di stasiun tujuan.

baca juga: Stasiun Whoosh Sudah Dilengkapi Fasilitas Park & Ride Lho

Dengan meningkatnya jumlah penumpang anak-anak, KCIC mengimbau agar orang tua dapat mengawasi dan terus memperhatikan aturan keselamatan yang berlaku di stasiun dan di dalam kereta. Jika membawa kereta bayi maupun koper besar, gunakan lift untuk keamanan dan kenyamanan bersama. Saat berada di peron, jangan berjalan atau berada di belakang garis putih. Perhatikan juga celah antara peron dan kereta, saat melangkah masuk atau keluar dari kereta. Tentunya, harus selalu menjaga kebersihan dan ketertiban.

“KCIC akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan. Berbagai fasilitas telah kami sediakan di stasiun dan layanan kereta cepat Whoosh. Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang beralih dari moda transportasi pribadi ke moda transportasi publik yang ramah lingkungan. Dan pada masa libur sekolah ini, KCIC berharap, momen liburan bersama Whoosh akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi orang tua dan anak anak,” tutup Eva.

 

 

Artikel Terkait

Leave a Comment