Kelola Sampah dengan Bertanggung Jawab, BSD City Raih Award4Change “Circular Township Award”

Bagikan

sampah

BSD City dinilai memiliki komitmen dan berhasil dalam menerapkan praktik baik pengelolaan sampah secara bertanggung jawab, pada skala kawasan. Untuk itu Award4Change 2024 memberikan penghargaan bergengsi “Circular Township Award” , kepada proyek yang dikembangkan Sinar Mas Land, bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni.

Penghargaan Award4Change ini diberikan oleh Edi Rivai, Board of Director Waste4Change dan diterima langsung oleh M. Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land, di Marketing Gallery BSD City, Tangerang.

Award4Change merupakan ajang penghargaan tahunan yang konsisten diselenggarakan sejak tahun 2020. Penghargaan ini diberikan kepada berbagai pemangku kepentingan multisektor, termasuk kementerian, swasta, BUMN, kedutaan negara sahabat, hingga NGO (non-governmental organization), yang dinilai memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan menjalankan pembangunan berkelanjutan

Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land menyatakan, “Tidak terkelolanya sepertiga sampah di dunia menjadi isu global saat ini. Tentu bukan perkara mudah untuk menangani permasalahan pengolahan sampah. Sinar Mas Land terus berkomitmen dalam menyediakan solusi inovatif untuk pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Diperlukan kerja sama dan sinergi dengan berbagai stakeholders untuk mencapai hal baik tersebut.”

baca juga: Yuk Tukar Sampah Plastik Jadi Uang Elektronik

Sementara itu M. Bijaksana Junerosano, Founder & CEO Waste4Change mengatakan, “Kami mengapresiasi komitmen BSD City dalam mengimplementasikan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Ini menjadi fenomena teladan untuk Indonesia, bahwa dengan kolaborasi dan kesungguhan demi Bumi lestari, ekosistem sehat dan berkelanjutan adalah sebuah keniscayaan.”

Menurut Bijaksana, upaya yang dilakukan oleh BSD City adalah wujud nyata bahwa dengan circular township maka sampah yang sejatinya material, bukan lagi menjadi masalah, melainkan sumber daya yang turut menggerakkan perekonomian bangsa.

Kelola Sampah 

Kolaborasi BSD City dengan Waste4Change untuk melakukan pengelolaan sampah sudah berlangsung sejak Januari 2023. Pengelolaan ini ditujukan untuk mengurangi produksi sampah berakhir di TPA dan mencakup 3.244 unit rumah dan empat tower area komersial dengan total tonase mencapai 2.304,4 ton.

Dari pengolahan sampah tersebut, sebanyak 515,3 ton sampah sisa makanan diubah menjadi protein maggot dan kompos, serta 356,4 ton sampah didaur ulang menjadi material baru bermanfaat. Pengolahan sampah tersebut setara dengan pengurangan karbon sebanyak 163,1 ton CO2-eq/tahun, sehingga turut berkontribusi pada upaya mitigasi perubahan iklim melalui pengurangan emisi karbon.

Atas apresiasi ini, Reza berharap, “Semoga kerjasama ini terus berjalan sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.”

sampah
Pembangunan Kota Berkelanjutan

Sinar Mas Land secara konsisten terus melaksanakan beragam program pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Salah satunya adalah bersama Chandra Asri Group, Sinar Mas Land telah memanfaatkan olahan sampah plastik untuk menjadi bahan dasar pembuatan aspal jalan. Lapisan aspal dari hasil daur ulang sampah ini sudah diaplikasikan di jalan dalam BSD City sepanjang 8,6 kilometer. Inisiatif ini menjadikan kawasan BSD City sebagai township pertama di Indonesia yang menggunakan sampah sebagai bahan aspal.  Produk aspal tersebut didapat dari 164,2 juta lembar plastik kresek yang setara dengan mengalihkan 410,57 ton sampah plastik kresek dari TPA.

Pada aspek Climate Change Management Sustainability, Sinar Mas Land telah konsisten melaksanakan program Plastic Exchange. Program tersebut mengajak masyarakat di wilayah Kecamatan Pagedangan dan Cisauk (Kabupaten Tangerang), dan Serpong (Kota Tangerang Selatan) untuk mengumpulkan sampah plastik yang dapat ditukar dengan buku bacaan, ataupun kebutuhan pokok, seperti beras dan minyak goreng. Program yang bertajuk Plastic to Food dan Plastic to Book itu bertujuan agar masyarakat di sekitar kawasan lebih peduli untuk memilah sampah.

baca juga: Coldplay Hadiahkan Kapal Pembersih Sampah untuk Sungai Cisadane

Berbagai inisiatif hijau lainnya juga sudah dilakukan Sinar Mas Land untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, antara lain penggunaan material ramah lingkungan, penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui penerapan panel surya di bangunan-bangunan komersial, sarana penerangan jalan hingga pemanfaatan layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero).

Untuk proses energy management di sejumlah gedung milik Sinar Mas Land difokuskan untuk meminimalkan penggunaan energi dan rendah karbon. Melalui layanan dan kegiatan ini, Sinar Mas Land turut mendukung inisiasi pemerintah dan mengambil bagian dalam mengurangi emisi CO2.

Artikel Terkait

Leave a Comment