Archipelago International Makin Ekspansif di Kawasan Karibia dan Amerika Latin

Bagikan

archipelago

Untuk semakin memantapkan rencana ekspansinya ke Karibia dan Amerika Latin, Archipelago International membuka kantor perwakilan pusat pertamanya di Punta Cana, Republik Dominika. Pembukaan kantor perwakilan tersebut dilakukan bersama dengan mitra perusahaan Sentinel Tech, perusahaan pengembangan teknologi khusus di bidang perhotelan.

Bersamaan dengan peresmian kantor tersebut, Archipelago juga mengumumkan penandatanganan sejumlah perjanjian manajemen di Republik Dominika dan Meksiko. Turut hadir pada acara prosesi ini Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Duta Besar Indonesia untuk Republik Dominika, juga investor dan pengembang terkemuka dari sektor perjalanan dan pariwisata, (17/5).

Gerard Byrne, Managing Director Archipelago International, menceritakan perjalanan perusahaanny yang berawal secara sederhana di Jakarta, Indonesia, dan berkembang hingga saat ini yang telah mengelola lebih dari 270 hotel (45.000 kamar) dengan calon portofolio yang lebih dari 80 hotel (16.000 kamar) di 15 negara dan lima benua. Perusahaan pengelola hotel ini memegang 12 merek yaitu Aston, Aston Collection Hotels, Alana, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, Hotel NEO, fave, Nordic, Avanika, dan Powered by ARCHIPELAGO.

Byrne menekankan komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan dengan baik, menjaga standar tinggi layanan khas Asia, dan terus meningkatkan diri melalui filosofi Kaizen. Ia menyatakan, “Fokus kami pada solusi teknologi inovatif, yang dirancang khusus oleh pelaku perhotelan untuk pelaku perhotelan, serta model operasi independen yang fleksibel, telah menjadi pendorong utama kesuksesan kami, baik di lingkup domestik maupun internasional. Kami menawarkan kepada pemilik, pengembang, dan investor solusi branding dan operasional yang telah terbukti untuk aset perhotelan mereka dengan harga yang kompetitif. Dan ini yang membedakan kami dari merek global lainnya.”

Jose Luis Leonardo, Wakil Presiden – Wilayah Amerika Archipelago International, menjelaskan rincian operasi mereka di Amerika. “Sejak membuka resor pertama di wilayah ini pada tahun 2019, yakni Grand Aston Cayo Las Brujas Beach Resort & Spa, Kuba, kami terus berkembang dan saat ini memiliki lima hotel dengan 3.242 kamar. Semuanya mencapai posisi nomor satu di destinasi masing-masing.”

baca juga: Capai Prestasi Baru, IHG Punya Lebih Dari 1.000 Hotel di Asia Pasifik

Rencana Archipelago

Dalam 12 bulan ke depan, imbuh Leonardo, Archipelago akan membuka satu hotel di Kuba, empat hotel dan kondotel di Republik Dominika, dan dua di Meksiko. Hotel-hotel tersebut adalah Aston Panorama Hotel, Havana (320 kamar), Reserva Real by Harper, Punta Cana (187 kamar), Aston Rubí City Suites, Santo Domingo (179 kamar), Grand Aston Punta Cana Beach Resort & Spa (170 kamar), Aston Bocettos City Suites, Santo Domingo (126 kamar), Aston Puebla Hotel, Puebla (105 kamar), dan IIk Tulum by Aston, Tulum (104 kamar).

Menyusul segera selepas penandatanganan ini, Archipelago akan mengelola 12 hotel baru di Republik Dominika. Yaitu Grand Aston Caicú Coral Golf Hotel & Residences, Punta Cana (669 kamar), Poseidonia by Aston, Cana Bay (1.319 kamar), Riviera Bay by Aston, Cana Bay (110 kamar), Harbor Bay by Aston, Cap Cana (186 kamar), Juanillo Hills by Aston, Cap Cana (60 kamar), dan Aston Piantini Boutique Hotel, Santo Domingo (144 kamar). Lalu Aston Towers Larimar City, Punta Cana (432 kamar), Paradise Tower by Harper, Punta Cana (144 kamar), Harper Paradise Punta Cana (135 kamar), serta Aston Arts Hotel & Residences, Punta Cana (368 kamar), dan The Alana Experience Punta Cana (530 kamar). Belum masuk dalam proses penandatanganan, dan akan segera dilakukan adalah pengelolaan Grand Aston Larimar City Golf Hotel & Residences, Punta Cana (354 kamar).

archipelago

Sementara itu di Meksiko akan ada empat hotel baru, yakni Grand Aston Tulum (153 kamar), Aston Naomi Boutique Hotel & Residences, Playa Del Carmen (246 kamar), Zonna Beach Resort & Residences, Playa Del Carmen (257 kamar), dan The Alana Hotel & Residences, Playa Del Carmen (376 kamar).

Dukungan Lingkungan

Leonardo menyoroti pengakuan yang meningkat terhadap hotel Aston di Amerika Latin. “Hotel Aston telah lama dipercaya oleh pelanggan di Asia Tenggara. Kami sangat senang bahwa pemilik, investor, dan pengembang di Amerika Latin antusias dengan ekspansi kami ke Republik Dominika dan Meksiko. Kami memperkenalkan merek baru, teknologi canggih, dan solusi model bisnis inovatif untuk hotel, resor, condotel, dan residensi bermerek di semua segmen,” ujarnya.

Ia juga mengakui lingkungan bisnis yang mendukung di Republik Dominika, adalah menjadi faktor penting dalam keputusan Archipelago International untuk mendirikan kantor regional selain di Punta Cana, juga di Santo Domingo dan Playa Del Carmen.

“Ekspansi ini menandai tonggak penting dalam strategi pertumbuhan internasional Archipelago, memperkuat kehadirannya di Karibia dan Amerika Latin, serta menunjukkan komitmennya untuk memberikan pengalaman perhotelan yang luar biasa secara global,” tandasnya.

Artikel Terkait

Leave a Comment