Ciplaz Garut Resmi Beroperasi

Bagikan

Setelah selesai diremajakan, PT Jakarta Intiland (bagian dari Ramayana Group) resmi membuka Ciplaz Garut, pada 8 Maret 2024,  sebagai pusat gaya hidup terbesar dan terlengkap di Garut, Jawa Barat. Terdiri atas mall, waterpark dan hotel, proyek ini awalnya adalah Ramayana Mall Garut, pusat perbelanjaan pertama yang sudah beroperasi selama 12 tahun di Kota Dodol ini.

Sebagai informasi PT Jakarta Intiland (JIL) merupakan properti manajemen yang mengelola pusat belanja dengan label City Plaza (Ciplaz) dan properti Ramayana yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Luas leasable area yang dikelolanya lebih dari satu juta meter persegi. Saat ini JIL memiliki 45 pusat belanja Ciplaza serta mengelola properti Ramayana yang tersebar di 47 kota di 11 provinsi, di seluruh pulau di Indonesia, termasuk Nusa Tenggara.

Halomoan Hutabarat, Direktur Operasional Ramayana, mengatakan, “Ciplaz Garut adalah persembahan Ramayana Group, setelah 12 tahun Mal Ramayana Garut berkembang dengan masyarakat Garut.”

Menempati lahan seluas total 34.000 m2, Ciplaz Garut kini memiliki luas NLA sebesar 20.000 m2. Pusat belanja baru ini diisi oleh tenant dari jenama lokal dan internasional, seperti Fore Coffee, Ibox, Samsung, Oppo Experience Store, Miniso, Manzone, Optik Seis, Hokben, Ichiban Sushi, Tawan, Asep Stroberi. Lalu Tropikana Waterpark, Wonderzone yang digadang-gadang sebagai playground terbesar di Garut, lalu Garut Creative Space yang dilengkapi dengan podcast room.

Terdiri atas enam lantai, area malnya menempati lantai 1 hingga 3, sementara lantai 4 sampai lantai 6 menjadi area hotel City Plaza. Hotel ini dirancang untuk memenuhi standar hotel bintang 4 dan yang menjadi pertama di pusat kota Garut.

baca juga: Sinar Mas Land & Ararasa Gelar Topping Off Eastvara Mall di BSD City

Gandeng UMKM

“Kehadiran Ciplaz Garut bertujuan untuk memberikan kontribusi positif untuk kemajuan Garut, salah satunya salah dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru. Saat beroperasi secara penuh nantinya akan menyerap kurang lebih sebanyak 1000 tenaga kerja lokal,” ungkap Halomoan.

Untuk itu, dengan tujuan untuk memajukan perekonomian lokal Ciplaz juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 100 UMKM, instansi dan komunitas. Terkait dengan hal tersebut, tiga bulan sebelum pembukaan, menggandeng Komite Ekonomi Kreatif Garut, Ciplaz Garut menggelar kompetisi untuk UMKM. Pemenangnya berhak mendapatkan modal usaha, lokasi usaha dan promosi di Ciplaz Garut. “Kolaborasi lainnya adalah menghadirkan Garaya: Epicentrum of Local berkolaborasi dengan media Info Garut, Garut Local Fest berkolaborasi dengan UMKM dan pengusaha lokal Garut,” terang Halomoan lagi.

Dihadiri dan diresmikan oleh Bupati Garut, prosesi peresmian Ciplaz Garut mengusung tema Semesta Pesona Garut, mengangkat seni budaya lokal berkolaborasi dengan sekolah, kampus dan komunitas lokal. Termasuk menampilkan produk kulit lokal yang berkolaborasi dengan koleksi dari Ramayana Prime. Acara ini juga diisi oleh penjualan 3.000 paket beras murah di supermarket Robinson, bagian dari Ramayana Group, dengan harga di bawah harga pasar.

Selain itu, selama periode pembukaan, Ciplaz Garut mengadakan berbagai promo dan program belanja dengan aneka hadiah, mulai dari voucher belanja, sampai voucher menginap di hotel. Semua promo dan program belanja berhadiah tersebut bisa didapatkan dengan menjadi member Ramayana secara gratis, yang bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi membercard di gawai.

Artikel Terkait

Leave a Comment