PT Pudjiadi Prestige Tbk Akan Bangun Perumahan Baru di Tahun 2023

Bagikan

The Jayakarta Suites Komodo-Flores

Demikian salah satu rencana PT Pudjiadi Prestige Tbk. (Perseroran) pada tahun ini, yang disampaikan pada acara Paparan Publik tahunan atau Public Expose 2022 [“Pubex 2022”].

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan riset dan peninjauan mendalam atas lokasi pengembangan properti berikutnya yang akan dilakukan di tahun 2023. Perseroan berfokus untuk membidik segmen perumahan, terutama di lokasi strategis di Jakarta, karena kami melihat segmen apartemen maupun perkantoran telah mengalami over supply sejak tahun 2022. Kami akan terus berupaya menghadirkan berbagai terobosan yang inovatif untuk menyesuaikan kebutuhan masa kini dari konsumen,” papar Toto Sasetyo, Direktur PT Pudjiadi Prestige Tbk., di Jakarta, (31/5).

Belum ada informasi lebih lanjut tentang rencana tersebut. Namun salah satu faktor pendorongnya, karena Perseroan memandang bahwa industri properti masih memiliki potensi besar untuk bertumbuh untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang semakin besar dan beragam. Selain juga karena pada tahun 2022, perusahaan pengembang yang bermula sebagai perusahaan ekspor/impor di tahun 1952 yang didirikan oleh Sjukur Pudjiadi ini, kembali berhasil membukukan laba.

Toto menjabarkan, “Pada Tahun Buku 2022, walaupun secara umum kondisi perekonomian global belum membaik, seiring terjadinya perang antara Rusia dan Ukraina yang memuncak, serta pandemi COVID-19 yang belum usai, Perseroan mampu memberikan kinerja yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari Laba Bersih yang dicapai oleh Perseroan pada tahun 2022 yang tercatat Rp279 miliar atau meningkat 1.673,60%, dari sebelumnya rugi bersih tahun 2021 sebesar Rp17,73 miliar.”

Pendapatan Usaha Perseroan Tahun Buku 2022 tercatat sebesar Rp471,45 milliar meningkat 753,15% dibandingkan tahun 2021 yang hanya mencapai Rp55,26 miliar. Sedangkan, untuk Laba Bersih per saham mengalami kenaikan dari (Rp53,83) di tahun 2021 menjadi Rp846,59 di tahun 2022.

Dengan peningkatan Pendapatan Usaha Perseroan ini, maka pada tahun 2022 Perseroan telah memutuskan untuk melakukan pelunasan pinjaman Perseroan di Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga dan Bank BCA.  Dengan pelunasan ini maka Total Hutang Bank Perseroan turun 63,20% dari Rp159,5 miliar di tahun 2021 menjadi Rp2,3 miliar di tahun 2022.

“Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2022 juga diputuskan untuk melakukan pembagian dividen tunai sebesar Rp200,- (dua ratus rupiah) per lembar saham, kepada seluruh pemegang saham Perseroan yang tercatat sebanyak 329.560.000 saham dan akan dibayarkan selambat lambatnya pada tanggal 23 Juni 2023,” ucap Toto lagi.

Selain itu, rapat juga telah menetapkan susunan Direksi dan Dewan Komisaris untuk masa jabatan 2023–2026, sebagai berikut. Dewan Komisaris diisi oleh Kosmian Pudjiadi BSISE, MBA (Komisaris Utama), Ariyo Tejo, MBA (Komisaris) dan Octavianus Halim, MBA (Komisaris Independen). Adapun dalam direksi menetapkan Damian Pudjiadi, MBA sebagai Direktur Utama dan Toto Sasetyo Dwi Budi Listyanto sebagai Direktur.

Di tahun ini, Perseroan berkomitmen untuk melakukan yang terbaik dalam segala aspek, baik dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan karyawan, memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggan, serta memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Dalam praktik berkelanjutan, Perseroan berkomitmen untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan adaptif dalam menghadapi perkembangan usaha. Perseroan akan mengadopsi nilai keberlanjutan berbasis Triple Bottom Line, yaitu “People, Profit and Planet” di mana Perseroan akan memantapkan langkah untuk berkontribusi lebih besar bagi masyarakat, iklim dan planet.

Berdiri sejak 1980, perusahaan pengembang ini sudah memiliki 25 proyek properti, mulai dari perumahan, apartemen, shopping centers, kompleks ruko dan hotel, yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. Beberapa di antaranya Senopati Apartment (Jakarta), Highland Park (Serang, Banten), dan Azalea Suites by Jayakarta Group (Cikarang, Jabar). Lalu masuk dalam kategori properti terafiliasi antara lain The Jayakarta Suites Komodo Flores (Labuan Bajo, NTT), J Hotel Kuta (Bali) dan Marbella Suites Bandung (Jabar).

Artikel Terkait

Leave a Comment